Jumat, 10 Juni 2011

SHAFA GELAR EVALUASI PERKEMBANGAN ANAK



SEBAGAI satu satunya bimbingan berkebutuhan khusus di kab mojokerto, Shafa Education Centre menangani anak-anak berkebutuhan khusus seperti Autisme,ADD & ADHD / Hyperactive, Retardasi Mental,Down Syndrom, Cerebral Palsy, Disleksia/Learning Disability, Gangguan Bicara/Speech Delay.
Untuk mengevaluasi perkembangan anak didik, Rabu, 8 juni 2011 Shafa Education Centre menggelar kegiatan rutin yang diikuti seluruh wali murid dan siswa di tempat belajar Shafa Education Centre
Para wali murid mendapatkan penjelasan dari ahli konsultan yaitu dr. Heru Rustiadi, Sp.S dokter spesialis syaraf dan ahli terapis wicara Bpk Nurul Huda . Dalam kesempatan ini dr. Heru menjelaskan secara gamblang tentang penyebab dan macam celebral palsy, Retardasi mental, down syndrom dan cara penanganan anak berkebutuhan khusus.Termasuk cara penanganan bila anak demam, kejang, sebab kejang termasuk salah satu menyebab cerebral palsy. sesion ke dua diisi oleh ahli terapi wicara Bpk Nurul Huda yang berdinas di RS Umum Wahidin Sudiro Husodo Mojokerto. Bpk Nurul Huda menjelaskan tentang komunikasi dan cara-cara/trik memberikan pemahaman kepada anak berkebutuhan khusus. bagaimana agar anak mau membuka mulutnya, menjulurkan lidahnya. termasuk menunjukkan beberapa contoh alat peraga yang dapat menunjang dalam memberikan terapi wicara.
Sementara itu Sabarani, S.Psi, MM.Kes, M.Psi sebagai penanggung jawab psikologi dari Shafa Education centre dalam pertemuan informal dengan dr Hj Ikfina MKP membicarakan tentang Shafa, ada respon positif tentang keberadaan Shafa Education Centre.
Kesulitan yang dihadapi lembaga pendidikan sosial ini tempat belajar mengajar yang masih kontrak serta fasilitas untuk kurikulum berbasis multiple intelegensi yang masih kurang.
Walau demikian Shafa didampingi ahli konsultan yaitu dr. Heru Rustiadi, Sp.S dokter spesialis syaraf, dr. Rosyid Salim, Sp.Kj dokter spesialis kejiwaan/psikiater, fisioterapis dari RS Umum yaitu Ibu Ratna, Ahli terapi Wicara dari RS Umum Bpk Nurul Huda. Mereka ini ahli konsultan yang mempunyai misi sosial non komersial.
Shafa Education Centre juga menerima siswa baru, dibuka setiap hari baik itu dari kalangan mampu atau pun kurang mampu. shafa education centre juga memiliki lembaga konsultan psikologi yaitu yogaatma consulting sebuah lembaga konsultasi psikologi untuk anak di sekolah –sekolah formal dari TK – Perguruan tinggi, perusahaan/instansi maupun pekerja lepas lainnya. (ika)

1 komentar: