Kamis, 21 April 2011

Tentang LD

LEARNING DISABILITY : Kesulitan yang nyata dalam kemahiran dan penggunaan kemampuan mendengarkan, bercakap-cakap, membaca, menulis, menalar atau dalam bidang matematika.
-Gangguan tsb bersifat intrensik
- Diduga adanya disfungsi syaraf pusat
Spesifikasi Kesulitan
- Kesulitan membaca (Dyslexia)
- Kesulitan berhitung/Mat (Dyscalculia)
- Kesulitan Menulis (Dysgraphia)
- {Reading, Math, Written expression, fine motor skill, information processing disorder

- Gangguan satu atau lebih proses-proses psikologi dasar : Dalam memahami atau menggunakan bahasa lisan atau tulisan, dapat muncul ketidaksempurnaan kemampuan untuk mendengarkan, berfikir, berbicara, membaca, menuluis, mengeja atau behitung.
-  Masalah belajar ini bukan sebagai akibat dari gangguan penglihatan, pendengaran, motorik, mental, emosi, budaya atau ekonomi yang tidak menunjang.
Bahasa & Pengembangan Konsep
- Rawan terhadap kelainan atau bahaya(children at risk)
-  Bhs mencerminkan tingkat pemahaman, pengertian, kemampuan mengungkapakan isi pikiran dan perasaan
- Bila sulit berbahasa berarti kesulitan dalam mengembangkan konsep (kesulitan memproses dan mengungkapkan gagasan)
Keterampilan Perseptual
- Mengacu pd kemampuan untuk memahamai dan memproses informasi
-  Kemampuan membentuk tanggapan
- Persepsi penglihatan, pendengaran
Karakteristik Defisit yang Sering Muncul
- Visual persepsi
- Visual motor
- Persepsi pendengaran
-  Konseptual
-  Memory
-  Body Awareness yang berkaitan denganspasial
Kemungkinan Penyebab
- Trauma kepala (memar otak)
- Brain infections(encephalitis, meningitis)
- MBD
- Chromosome 15q21/genetically linked (Finnish2003)
- Menghisap karbon monoxida berlebihan
- Malnutrisi
- (BenjaminFeingald hipotesa: disebabkan oleh mengkonsumsi pewarna makanan: sulit berkonsentrasi
- TV maniak
- Sistem imun (allosy) dgn efek pokesi udara diotak.
Manifestasi Perilaku
- Hiperaktif
- Rasa takut mencoba, takut gagal
- Hambatan emosi/Serious emotional overlay: ekplosive, cemas, menyendiri, merusak, kurang memiliki empati
- Babyish, tidakmandiri(immature Behavior)
Gangguan Pemusatan Perhatian (ADD)
- Good days – bad days
- Mood swings
- Tidak bisa duduk diam
-  Impulsive
- Mudah frustrasi
- Nanar (visually atau auditorally distractible)
- Disorganized (hilang alat alat tulis, jas hujan, tempat bekal dll)
SUMBER:file.upi.edu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar